Heboh Iklan Solana Dikecam Komunitas Kripto, Langsung Dihapus Beberapa Jam Setelah Rilis

Volubit.id — Solana dilaporkan langsung menghapus iklan “America is Back—Time to Accelerate” yang baru dirilis setelah mendapat kritik tajam dari komunitas kripto di X.

Iklan tersebut menampilkan seorang pria yang seolah melambangkan “Amerika” sedang dalam sebuah sesi terapi. Dalam video itu, sang pria mengaku memiliki pikiran tentang inovasi, seperti kripto.

Sang terapis kemudian merespons dengan mengatakan ia seharusnya melakukan sesuatu yang lebih produktif, seperti menciptakan gender baru.

Percakapan berlanjut hingga akhirnya pria tersebut kehilangan kesabaran dan melontarkan monolog. “Saya ingin menciptakan teknologi, bukan gender,” ujarnya.

Iklan berdurasi lebih dari dua setengah menit untuk konferensi Solana Accelerate ini diunggah pada Senin, 17 Maret 2025 malam dan berhasil ditonton lebih dari 1,4 juta view dalam beberapa jam.

Setelah mendapatkan kritik karena dianggap mempermainkan isu politik yang sangat sensitif dan bisa memecah belah komunitas kripto, iklan itu dihapus. Iklan tersebut dinilai bertentangan dengan nilai dasar industri kripto yang mengedepankan netralitas dan inklusivitas global.

“Ini mungkin konten paling beracun yang pernah saya lihat. Seperti iklan Coinbase, tapi dibuat oleh seseorang yang terisolasi di ruang bawah tanah selama bertahun-tahun,” tulis CRO dari platform tata kelola on-chain Tally.xyz, Tyler Bench.

Product lead Base, Anneri van der Merwe, juga mengkritik iklan tersebut karena dinilai tidak sesuai dengan semangat inklusivitas.

“Menyinggung, memalukan, dan terkesan mencari perhatian. Base terbuka untuk semua orang, begitu pula Solana—atau setidaknya mereka mengklaim begitu minggu lalu. Iklan ini menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki,” tulisnya di X.

COO DoubleZero David McIntyre ikut mempertanyakan mengapa Solana tidak memilih pendekatan yang lebih positif daripada menjatuhkan kelompok tertentu dan mempermainkan isu sosial yang serius.

Beberapa pengamat berspekulasi iklan ini sengaja dibuat sebagai “rage bait” atau strategi pemasaran yang mengandalkan kontroversi untuk menarik perhatian. Namun, pendekatan ini berisiko besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *