Rug Pull! Koin Meme Sharpei di Solana Anjlok 96% dalam Sekejap

Volubit.id — Koin meme Sharpei (SHAR), yang dirilis di jaringan Solana, mengalami insiden rug pull parah setelah harganya anjlok secara drastis hanya dalam beberapa detik. Padahal koin yang diluncurkan pada 23 Oktober lalu dengan logo kartun anjing jenis Shar Pei itu sempat menyentuh kapitalisasi pasar $54 juta.

Setelah mencapai $54 juta, kapitalisasi pasar SHAR perlahan jatuh ke $35,5 juta. Setelah itu, koin meme tersebut terjerembab hingga 96,3% hanya dalam dua detik ke kapitalisasi pasar $1,3 juta, yang diduga disebabkan oleh aksi dump atau penjualan besar-besaran.

Perusahaan visualisasi data blockchain, Bubblemaps, mengidentifikasi 60% dari total pasokan token SHAR telah dibeli saat peluncuran dan tersebar di lebih dari 100 alamat wallet. Wallet-wallet ini kemudian mengirimkan SHAR yang telah dibeli ke wallet pusat. Wallet pusat inilah yang melakukan rug pull dengan menjual semuanya dalam satu kedipan mata seharga $3,4 juta.

Akun X resmi SHAR menjelaskan, karena faktor fear, uncertainty, and doubt (FUD), proyek tersebut tidak lagi memiliki dana untuk melanjutkan operasional.

“Kami memahami apa yang dipikirkan semua orang saat ini dan kami ingin memberikan tanggapan. Kami benar-benar telah membangun proyek besar dan luar biasa ini serta seluruh ekosistem yang kami diskusikan. Kami telah mempersiapkan proyek ini selama lebih dari 3 bulan, dan semua orang tahu itu,” katanya.

Dipromosikan Influencer

Pitch deck proyek SHAR yang bocor di Internet mengungkapkan, tim Sharpei menggunakan lebih dari 50 influencer kripto tier 1 untuk promosi dan berencana menjalin mitra dengan exchange kripto besar. Namun, beberapa influencer kripto membantah terlibat dalam proyek tersebut meskipun namanya tercantum.

Dalam pitch deck itu juga disebutkan, Sharpei siap bekerja sama dengan koin meme populer BONK setelah mencapai kapitalisasi pasar $100 juta. Namun, informasi ini ditolak mentah-mentah oleh kontributor inti BONK, Kandense dan Nom.

Meski demikian, influencer kripto lainnya, Yelotree, yang memiliki 180.000 followers, mengaku telah dibayar untuk mempromosikan Sharpei tiga bulan lalu. Menurutnya, ada banyak influencer besar yang terlibat dalam proyek tersebut, tapi sebagian telah menghapus postingannya.

Kreator Sharpei mengatakan, mereka akan memberikan bukti konkret terkait komunikasi dengan setiap influencer yang disebutkan, meskipun ada kesepakatan yang belum diselesaikan.

Influencer kripto biasanya mendapatkan jatah beberapa persen dari total pasokan token proyek, sebagai imbalan atas promosi yang dilakukan di media sosial. Dalam industri kripto, terutama bagi koin meme, promosi menggunakan influencer telah menjadi hal yang biasa.

“Influencer merupakan bagian penting dari kripto, dan tidak ada yang salah dengan proyek yang membutuhkan promosi. (Hanya saja), masalahnya muncul ketika influencer tidak mau mengungkapkan keterlibatan mereka, dan tidak mengungkapkan berapa banyak yang mereka terima, ujar CEO Bubblemaps, Nick Vaiman, kepada Decrypt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *